GOOGLE BROWSER

2/08/2009
GOOGLE BROWSER (Chrome)
Apa yang Membuat Chrome Begitu Cepat ?


Browser besutan Google, Chrome memang asisten yang licik. Browser yang dicurigai sebagai spionase, ternyata dapat bekerja dengan cepat. Saat menamampillkan halaman atau menjalankan script, Chrome mampu mengalahkan pesaingnya Firefox dan Internet Explorer. Halaman HTML dapat ditampilkan dua kali lebih cepat dan JavaScript bahkan mampu dieksekusi sampai enam kali lebih cepat (lihat tabel benchmark, di bagian kanan). Apa yang membuat Chrome begitu cepat? Ternyata tambahan kecepatan yang diperoleh browser baru ini diambil dari mesin lain. Mesin utama Chrome adalah WebKit, sebuah HTML Rendering Library. Mesin ini dikembangkan oleh Apple sebagai basis untuk browser Safari mereka. Rendering Engine ini berfungsi untuk menampilkan sebuah website dalam browser seperti layaknya halaman yang dibangun dengan bahasa HTML. WebKit yang juga diaplikasikan pada mobile phone ini terhitung sangat lambat dalam proses pembuatannya. Karena dibangun dengan pemprograman yang ramping dan memory load yang optimal sehingga menawarkan kecepatan lebih.

Mesin V8 yang powerful: Javascript enam kali lebih cepat

Internet tidak hanya dibangun dari HTML, tetapi juga elemen lain, seperti JavaScript. Dengan aplikasi berbasis web seperti Google Docs, browser menjalankan keseluruhan program dan ini membutuhkan resource besar. Tenaga yang diperlukan diambil Google dari V8 JavaScript Engine yang dikembangkan sendiri dan dioptimalkan untuk kecepatan dengan trik tertentu. Engine menyediakan sebuah hidden class yang akan mengelompokkan objek-objek yang sama. Bila objek tersebut diperlukan,akses menjadi lebih cepat daripada menggunakan teknik biasa. Memory management pada V8 cukup membuatnya hemat waktu. Instruksi langsung diberikan dalam machine code dan langsung diproses oleh CPU. Tiap proses ini memang hanya memberikan penghematan waktu dalam hitungan milidetik. Namun, apabila berjalan jutaan kali, tambahan kecepatan yang diperoleh cukup signifikan.

Selain itu, Chrome memang diprogram secara jenius.
Saat browser menulis data ke hard disk (misalnya dalam cache), browser akan membuat proses tersendiri. Dengan cara ini, hard disk yang lambat tidak akan mempengaruhi kecepatan browwser. Chrome juga menawarkan hal baru dalam dunia browser, yaitu Prefetching DNS. Bekerja di background,fungsi ini menerjemahkan link yang diteruskan mennjadi alamat IP begitu mengunjungi sebuah website. Jadi, saat mengklik sebuah link, Chrome akan menghemat waktu dalam pencarian alamat pada DNS Server.


Info: www.google.com
Artikel asli dari Majalah PDF_CHIP_12_2008 (milik sendiri dan bukan pinjaman)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
chip_AMD funs
June 6, 2009 at 9:36 PM delete

saya masih bingung kenapa penulis mengatakan crome licik, bukankah dengan kemampuan chrome yang seperti itu akan lebih bermanfaat dan menuju perkembangan yang lebih baik. tapi licik nya di situ licik untuk siapa dan mengapa di katakan licik.

Reply
avatar